Mengenal Cagar Alam Dolok Sipirok

Secara administratif kawasan ini terletak di desa Silanggo dan Rambe Sikasor, Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan dan sebagain dalam Kecamatan Pahaejae, Kapupaten Tapanuli Utara.

Untuk menuju kawasan ini dapat ditempuh jalan melalui route : Medan - Tarutung - Sipirok - Ramba Sikasor - 370 Km dengan waktu tempuh 7 jam. Setelah sampai desa terdekat perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki. Kebanyakan mendaki bukit dan turun jurang, karena memiliki topografi bergelombang dan sangat curam.

Kawasan ini ditetapkan sebagai Cagar Alam berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian No. 2669/Kpts/Um/14/1982 dengan luas 6.970 Ha.

FLORA DAN FAUNA

CA Dolok Sipirok terletak tidak jauh dengan CA Dolok Sibual-buali, dengan demikian keduanya memiliki ekosistem hutan yang hampir sama, demikian juga mengenai keadaan topografi, tanah, iklim dan flora faunanya. Diperkirakan pada kawasan hutan ini masih ada jenis Orang Utan (Pongo pygmaeus), informasi terakhir ada penduduk yang menjual satwa tersebut disamping itu pernah ditemukan sarang Orang Utan.

Penelitian keberadaan Orang utan masih dilanjutkan diharapkan hasil penelitian dapat memastikan keberadaan satwa tersebut, sehingga dalam waktu segera dapat direncanakan program lebih lanjut.
loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »