Antara Basyral Dan Mula Harahap

Belakangan ini muncul tokoh blog yang sangat kontroversial dan mencerahkan, khususnya dalam topik-topik yang berhubungan dengan Batak dan sekitarnya. Pertama adalah Basyral Hamidy Harahap dan yang kedua adalah Mula Harahap.

Tanpa merendahlan para blogger Batak yang lain, tampaknya kedua tokoh, yang ntah kenapa sama-sama marga Harahap, ini merupakan dua blogger yang paling banyak dikunjungi para netter.

Baru??? sebenarnya tidak. Basyral Hamidy sendiri merupakan orang lama atau stok lama yang kemudian menjadi sangat dikenal oleh para netter pemula karena tulisan-tulisan mereka mulai di online kan. Demikian juga dengan Mula Harahap. Melihat dari tulisan-tulisannya tampaknya beliau ini adalah seorang pertapa suci yang mengerti betul dengan berbagai tema-tema sosial, teologi dan lain sebagainya.

Bila melihat keduanya, tampak terlihat berbagai macam kesamaan. Marilah kita tidak membahas perbedaanya, karena perbedaan yang paling mencolok adalah bahwa Bayral Hamidy memakai domain sendiri sementara Mula Harahap memakai domain wordpress.

Persamaan pertama adalah kedua-duanya sama-sama cendikiawan ulung, bijaksana dan sangat mapan dalam menuliskan alur-alur pemikirannya.

Persamaan kedua mungkin adalah yang tak terbantahkan adalah kedua-duanya sama-sama marga harahap. Hanya saja mungkinkah ada perbedaan antar keduanya seperti orang-orang Siregar atau Hasibuan yang terbelah menjadi yang satu Toba dan yang lain Mandailing?

Persamaan ketiga adalah bahwa keduanya merupakan tokoh multikulturalisme Batak. Sebuah sisi budaya yang hampir punah di kalangan generasi Batak. Keduanya sama-sama melihat bahwa ada sesuatu yang "aneh" dengan isu Provinsi Tapanuli yang manipulasi menjadi beribukota di sebuah kecamatan dari dapa disebuah kotamadya.

Persamaan keempat, kelima dan seterusnya tentunya silahkan melihat blog masing-masing. Mungkin saja akan banyak lagi persamaan-persamaan yang anda temukan.
loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »