Bandara Aek Godang dan Ulu Gajah

Bandara Udara Aek Godang (baca) merupakan bandara yang dapat disinggahi menuju Tapanuli Selatan dan beberapa kabupaten-kabupaten sekitarnya, seperi Madia, Palas, Paluta dan Sidempuan.

Sebenarnya pernah ada gagasan untuk membangun Bandara Ulu Gajah di Barumun. Namun karena belum mendapat tempat dalam RTRW Sumut, hal ini belum dapat direalisasikan.(baca)

Padahal bila dirasa mendesak, pihak Kabupaten Padang Lawas (Palas) sebenarnya bisa saja membangun bandara perintis di lokasi tersebut, sebagaimana beberapa daerah di Papua.

Menunggu adanya rute terbang dan sosialisasi penumpang, bandara tersebut dapat difungsikan dengan pendirian SMK Pernerbangangan atau sekolah tinggi penerbangan. Jadi selain selain tempat praktik siswa, bandara dapat dimanfaatkan oleh publik.

Kasus ini hampir sama dengan kondisi Bandara Sibisa dan Silangit. Dua bandara yang berdekatan. Sayangnya, karena rute penerbangan lebih banyak ke Silangit, maka Bandara Sibisa kurang berkembang.

Hal itu disebabkan pemda setempat tak berusaha memanfaatkannya dengan fungsi tambahan lainnya misal untuk pendidikan seperti yang disebut di atas atau menjadi pusat olahraga udara, seperti gantole dan teknologi penerbangan lainnya. Kabarnya, bandara malah digunakan sebagai arena balap motor oleh kalangan pemuda setempat.

Pusat wisata yang deat Aek Godang tidaklah sedikit. Selain pesantren Musthafawiyah yang terkenal dengan wisata religinya, di sekitar Tapanuli Selatan juga terdapat beberapa candi, tambang dan kegiatan bisnis lainnya.




loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »