Rohaniawan Dan Politik Pilgubsu

Rohaniawan Jangan Berpolitik Praktis

Sidikalang, (Analisa)

Rohaniawan diminta tidak terlibat dalam praktik politik praktis.

Mangasa Sinaga anggota fraksi Gabungan Kerakyatan dan Tommy Tambunan Ketua fraksi Serikat Indonesia Baru DPRD Dairi dalam bincang-bincang dengan wartawan, Senin (10/12) mensinyalir, belakangan ini, gerak-gerik beberapa rohaniawan terutama mereka yang dipercaya sebagai pemimpin gereja di Kabupaten Dairi cenderung mengarah pada pemberian dukungan baik langsung maupun tidak langsung kepada salah seorang bakal calon Bupati Dairi 2009-2014.

Kedua anggota legislatif itu berharap, rohaniawan kembali ke rel semula yakni menjadi gembala yang baik guna memberi pencerahan kepada umat.

Jika pengurus gereja menunjukkan sinyal mendukung salah satu bakal calon, diprediksi hal itu berpotensi menimbulkan faksi-faksi di tubuh organisasi bersangkutan.

Sebab, sekian anggota gereja dipastikan juga adalah pendukung figur yang lain yang belum tentu sejalan dengan pimpinan gereja.

Kemajemukan penduduk di Kabupaten Dairi telah membuat tingginya ikatan persaudaraan sehingga satu sama lainnya saling berfamili.

Tugas pendeta atau rohaniawan lainnya adalah mempersatukan umat manusia untuk berbuat baik demi memuliakan nama Tuhan.

Sehubungan itu, mereka mestinya memberikan kabar baik dan bukan menggiring opini jemaat kepada seorang kandidat. Jangan sampai timbul perasaan alergi kepada seorang gembala karena ia dinilai tidak bekerja secara jujur.

Mangasa dan Tommy mengatakan, pendeta seyogianya berkotbah bagaimana Tuhan lahir sebagai pemimpin yang diteladani oleh manusia agar menjadi kepala daerah yang takut akan Dia.

Seorang putra bangsa sebaiknya tampil menjadi calon pemimpin atas panggilan hati dan bukan ambisi pribadi. Bila otot dan otak lebih dikedepankan dari pada hati nurani, diyakini Dairi tidak mungkin lebih berkembang ke depan.

Mangasa mengingatkan, Pilkada gubsu dan bupati serta pemilu yang digelar tahun mendatang mestinya disadari, sepenuhnya tujuan utamanya adalah mendewasakan porpolitikan bangsa ke arah yang positif.

Tommy menggariskan, prestasi yang dicatat di era kepemimpinan Bupati Dr MP Tumanggor mesti lebih terpuji di hari esok dengan terpilihnya pemimpin idola rakyat. Yang baik diteruskan dan kelemahan diintropeksi dan diminimalisir.

Agar aspirasi itu dapat terwujud, maka calon Bupati Dairi mendatang harus berwawasan luas, nasionalis, cerdas dan berpendidikan serta siap membangun transparansi. (ssr)

Sumber: Analisa
loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »