Agama Dan Politik Pilgubsu: Dukungan Kelompok Suku

Calon Gubsu Benny Pasaribu Diulosi Praeses HKBP Samosir
Selasa, 04-12-2007

MedanBisnis – Samosir
Calon Gubsu Dr Ir Benny Pasaribu MEc dan istri, Suryati Boru Simatupang, diulosi Praeses HKBP Distrik VII Samosir, Pdt Efendy Purba STh, dalam puncak acara syukuran ulang tahun ke-65 HKBP itu di HKBP Pangururan, Minggu (2/12).

Pangulosion sebagai tanda borhat borhat (pemberangkatan), merupakan wujud dukungan HKBP Distrik VII Samosir kepada Benny Pasaribu, untuk memimpin Sumut periode 2008-2013. Pemberian ulos di hadapan 3.000 jemaat HKBP se-Distrik VII samosir kepada Wakil Ketua Kadin Indonesia itu, disaksikan pucuk pimpinan HKBP diwakili Sekjen Pdt WTP Simarmata MA.

Selain itu, juga Bupati Samosir Ir Mangindar Simbolon, sejumlah kepala dinas, Wakil Ketua DPRD Samosir Drs Abad Sinaga, dan sejumlah perantau dari Jakarta antara lain Sekretaris Fraksi Partai Golkar DPR Humisar Rumahorbo, Ketua Marga Limbong se-Jabodetabek MH Limbong, Drs KE Gultom, Pdt Eldiarto Simbolon STh, Mangasang Tamba SH MA, dan K Pandiangan.

WTP Simarmata mengatakan, kesediaan Benny Pasaribu sebagai putra daerah untuk berkarya di Sumut, merupakan wujud pengabdian yang patut didukung. Mitra dari Jerman, menurutnya, kerap memuji keindahan dan keberagaman potensi Sumut, namun justru timbul pertanyaan, mengapa Sumut khususnya Samosir dan Tapanuli malah tertinggal. “Karenanya, kita serahkan saja ke Pak Benny. Beliau ahli untuk menanganinya,” ujar WTP Simarmata.

Hal yang sama juga dikemukakan Bupati Samosir, Mangindar Simbolon. Dia menilai, Benny Pasaribu merupakan salah satu figur calon Gubsu yang berbobot dan masyarakat sangat mengharapkan figur demikian di tengah belum pulihnya kondisi perekonomian. “Kompetensi beliau sebagai ilmuwan dan ekonom telah diakui, baik secara nasional maupun internasional,” ujar Mangindar.

Sementara, Wakil Ketua DPRD Samosir, Abad Sinaga menyatakan, masyarakat merindukan adanya perantau yang mau membangun daerahnya. Karenanya, dia mengimbau masyarakat khususnya jemaat HKBP Distrik Samosir untuk memanjatkan doa. Sedangkan dari perwakilan perantau, Pdt Eldiarto Simbolon STh, yang juga Ketua I Panitia Pengumpulan Dana Syukuran di Jakarta mengungkapkan, putra putri Samosir di perantauan mendukung sepenuhnya keinginan Benny Pasaribu membangun Sumut.

Benny Pasaribu sendiri, dalam sambutannya mengaku merasa terharu atas dukungan jemaat. Menurut dia, kehadirannya pada acara itu hanya untuk memenuhi undangan panitia, selain kapasitasnya sebagai Penasihat Panitia Pengumpulan Dana Syukuran di Jakarta.

Tentang niatnya untuk bertarung dalam Pilgubsu pada April tahun depan, Benny menyatakan, hal itu didorong oleh panggilan hati nuraninya. Menurut dia, filosofinya untuk membangun Sumut terkonsep melalui hati nurani dan akal sehat. Dia yakin, kombinasi keduanya akan memberikan makna yang lebih berarti dan terarah dalam membangun Sumut.

Namun, dia juga mengingatkan, untuk mewujudkan hal itu harus dengan dukungan melalui persatuan yang bukan saja warga HKBP, melainkan seluruh umat Kristen di Sumut. “Mari umat Kristen Sumut bersatu. Kita bersatu dan berdoa agar bangsa maupun Sumut terhindar dari gempa dan marabahaya. Kita juga harus bersatu membangun Sumut untuk mewujudkan kesejahteraan yang berkeadilan. Tanpa itu, kita tidak bisa berbuat apa-apa,” ujar Benny.

*benny pasaribu, Medan Bisnis
Gambar: Majalah Intim
loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »